Skip to main content

Moringa, The Miracle Tree (BAHASA INDONESIA)

Halo Guys...
            Pada Kesempatan kali ini saya membahas tentang Superfood yang sedang booming di dunia Internet. Superfood ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh karena mengandung vitamin, mineral dan asam amino essensial yang dibutuhkan oleh tubuh.  Superfood yang saya maksudkan adalah Moringa. 


Apa itu Moringa?
Moringa adalah jenis tumbuhan Family Moringaceae dengan nama Ilmiah Moringa Oleifera yang dapat tumbuh subur sepanjang tahun.  Moringa merupakan tumbuhan asli Sub – Himalayan seperti India, Pakistan, Banglades, dan Afganistan. FAO menyebutkan bahwa Moringa dapat dijumpai di daerah-daerah seperti India, Ethiopia, Sudan, Filipina, Afrika bagian barat, timur dan selatan, Amerika Latin, Kepulauan Karibia, kepulauan Pasifik, dan Asia tenggara termasuk Indonesia tentunya. Moringa tumbuh relatif mudah tumbuh baik di daerah dengan klim tropis yang hangat hingga iklim subtropis pada ketinggian 3000 Kaki, rerata suhu maksimum 38o – 48o C dan suhu minumium -1o hingga - 3o C (1).                

           Moringa di kenal dengan sebutan drumstick tree ada juga yang menyebutnya ‘Horseradish tree’ . Di Indonesia sendiri, Moringa sering di sebut Kelor atau Merunggai. Moringa atau Kelor ini biasanya di konsumsi sebagai sayur baik, daun, buah dan biji dengan cara di tumis ataupun di buat Sup.

Mengapa Moringa di sebut Superfood?
            Superfood adalah sebutan untuk suatu makanan yang mengandung  gizi yang tinggi dan dianggap bermanfaat bagi kesehatan tubuh (2).
            Moringa telah di kenal di negara berkembang sebagai sayur, tanaman obat dan sumber minyak nabati.  Selama berabad-abad pula, Moringa telah digunakan oleh masyarakat hampir diseluruh dunia sebagai pengobatan untuk mengobati berbagai jenis penyakit, selain itu Moringa kerap digunakan sebagai aplikasi kosmetik seperti pelembab kulit dan rambut baik sebagai kondisioner atau pun dalam bentuk minyak. Berikut Fakta- Fakta Mengapa Moringa di sebut sebagai The Miracle Tree

Fakta #1 Moringa sebagai sumber Vitamin.
            Seperti kita ketahui bersama, Vitamin berperan penting bagi kesehatan tubuh dan harus terpenuhi dalam makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Fugsi beberapa vitamin misal: Vitamin A, berfungsi menjaga kesehatan mata, tulang dan gigi serta kulit ; Vitamin B berfungsi menjaga kesehatan sistem imun tubuh, membantu penyerapan zat besi, kesehatan kulit dan rambut, metabolisme energi dalam tubuh ; Vitamin C berfungsi menjaga sistem imun, mempercepat penyembuhan, sebagai anti oksidan, membantu penyerapan zat besi, dan radikal bebas dan meningkatkan sirkulasi darah ; Vitamin K berfungsi dalam pembekuan darah.
            Pada review penelitian yang dilakukan oleh Gopalakrishnan et al. (4) yang di terbitkan pada Journal Food Science and Human Wellnes tahun 2016 menyebutkan bahwa daun Moringa kaya akan vitamin, mineral dan phytochemicals essensial. Vitamin seperti beta-caroten Vitamin A, vitamin B seperti asam folic , pyridoxine, dan asam nicotinic, vitamin C, vitamin D,  E dan K ada dalam Moringa sehingga sangat baik untuk di konsumsi sebagai penyedia kebutuhan vitamin alami. Berikut tabel kandungan vitamin Moringa / 100gr oleh USDA:
Fakta #2 Moringa sebagai Sumber Mineral
            Mineral merupakan unsur penting bagi tubuh karena berfungsi mengatur fungsi fisiologis makhluk hidup seperti mempertahankan, mengatur viskositas, difusi dan tekanan osmose, mengatur keseimbangan asam – basa, penyusun tulang dan gigi, dan sebagai aktivator enzim. Jika terjadi defisiensi mineral dalam tubuh dapat menyebabkan tubuh menderita penyakit seperti gangguan hormonal, gondok, anemia, stress, gangguan pertumbuhan, dan lainnya.
            Review Gopalakrisnhnan et al. menyebutkan Moringa kaya akan mineral-mineral essensial seperti kalsium yang dianggap sebagai mineral penting bagi pertumbuhan dan perkembangan tubuh (4). Selain kalsium, ada juga mineral seperti zat besi, copper,Magnesium, potasium, mangan, dan Zinc.
            Berikut kandungan mineral dalam Moringa / 100gr berdasarkan USDA
Kandungan Mineral dalam 100 mg Moringa. 
   Rerata kandungan kalsium yang terdapat pada 8 ounces atau sekitar 286,5 ml susu sekitar 300 mg-400mg, sedangkan Kalsium pada daun Moringa sekitar 100mg, jika dalam bentuk bubuk kering dapat memberi asupan kalsium hingga 4000 mg (5).

Fakta #3 Moringa mengandung Asam-asam amino
            Tidak hanya vitamin dan mineral ,Moringa juga mengandung asam-asam amino essensial. Asam-asam amino ini berperan sebagai penyokong kebutuhan protein yang tidak dapat dihasilkan oleh tubuh kita. Fungsi asam- asam amino dalam tubuh yaitu memperbaiki jaringan tubuh, membantu pertumbuhan, dan sebagai sumber energi tubuh.
Asam-asam amino ini hampir seluruhnya kita dapat jumpai dalam produk-produk protein hewani seperti telur, daging ayam, daging sapi, daging domba, daging kalkun, seafood  atau makanan laut ataupun yang berasal dari tumbuhan seperti produk kacang-kacangan seperti kacang kedelai, rumput laut dan Moringa.
            Moringa mengandungan asam-asam amino yang mengandung beberpa asam- asam amino sepert ; Histidin, isoleusin, Argiinin, valin, triptofan, treonin, methionin, leusin, lysin, fenilalanin.
            Berikut jumlah kandungan asam- asam amino yang terdapat dalam Moringa berdasarkan USDA :
Kandungan Asam Amino dalam 100 gr Moringa.
            Inilah yang menjadi alasan bagi WHO (World Health Organization) menggunakan Moringa sebagai suplement makanan rendah kalori dan mencegah bahkan memulihkan keadaan kekurangan vitamin, mineral dan protein. Selain itu, Moringa juga menjadi sebagai suplement protein yang sangat TEPAT  bagi anda yang ingin menjalani pola diet tanpa protein hewani atau Vegan dan Raw food.



Fakta #4 Moringa mampu mengobati berbagai penyakit

            Moringa sejak dulu telah digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Orang romawi, Yunani dan Mesir mengekstrak minyak dari biji Moringa untuk di gunakan sebagai minyak dan parfum. Pada Abad ke – 19, perkebunan di Hindia Barat mengekspor minyak biji Moringa untuk di gunakan sebagai Parfum dan pelumas Mesin (6).
            Setiap bagian dari Pohon Moringa ini dapat di gunakan. Baik daun, buah, biji, batang hingga akar. Namun patut di waspadai, tidak setiap bagian dapat di konsumsi bagi setiap orang, seperti bagian akar dan batang pohon Moringa berefek negatif terhadap Ibu hamil.
            Moringa dapat mengobati anemia, arthritis, reumatik, asma, kanker, sembelit, diabetes, diare, epilepsy, kejang perut atau usus, sakit kepala, masalah jantung, tekanan darah tinggi, batu ginjal, gangguan tyroid, infeksi bakteri, infeksi jamur, virus dan parasit (7).
            Selain itu, Moringa jug bermanfaat sebagai aphrodisiac, meningkatkan sistem imun tubuh, meningkatkan produksi Asi bagi ibu menyusui (7).
            Moringa juga dapat di oleskan sebagai obat penyakit kulit, membunuh kuman atau astringent karena mengandung pterygospermis dan komponen lainnya yang dapat mengatasi masalah infeksi kulit. Moringa mengobati abses, tinea pedis, ketombe, radang gusi, kutil dan luka (7).

            Moringa aman untuk di konsumsi sehari baik sebagai sayur, sebagai teh maupun campuran jus untuk memenuhi kebutuhan gizi sehari-hari atau di oleskan untuk kesehatan kulit anda. 
*Untuk kasus khusus adalah bijak berkonsultasi dengan dokter sebelum memutuskan menggunakan Moringa.

View Health as an investmen, not an as expense. -John Quelch 

Semoga Bermanfaat

Salam,
Monalisa

Popular posts from this blog

Himalayan Pink Salt (Bahasa Indonesia)

Halo guys.... 
Pernahkah anda mendengar tentang Himalayan Pink Salt? Jika Ya, anda pasti tidak asing lagi dengan manfaat dari garam berwarna pink yang di tambang dari pegunungan di Sekitar wilayah pegunungan Himalaya ini.           Himalayan Pink Salt ini meskipun sama-sama disebut garam, namun asalnya berbeda dengan garam yang kita konsumsi pada umumnya. Himalayan Pink Salt berasal dari area penambangan garam di daerah pegunungan Himalaya yaitu Khewra Salt Mine yang  berlokasi di distrik punjab, Pakistan.
Para pakar geologi memperkirakan bahwa umur batu gram himalaya di pertambang tersebut  kira-kira 800  juta tahun yang  terbentuk saat gerakan lempeng tektonik membentuk rentang pegunungan yang menjebak laut pedalaman yang dangkal, yang perlahan mengalami dehidrasi dan terkubur jauh di dalam bumi, membentuk deposit garam laut yang kaya mineral dan kaya mineral. Himalayan Pink Salt setidaknya mengandung 84 mineral dan trace mineral, termasuk kalsium, magnesium, potassium, copper dan iron…

The Power Of Habit ( BAHASA INDONESIA)

Hai guys.....          Blog edisi kali ini saya akan membahas tentang buku motivasi yang baru saja saya rampungkan membacanya. Apa lagi kalau buka The Power of Habit atau dalam bahasa Indonesianya Dasyatnya Kebiasaan oleh Charles Duhigg.

Darimana  sebenarnya saya tahu tentang buku The Power Of Habit?          Saya mengetahui buku ini dari salah satu youteber asal Amerika bernama Thomas Frank yang sering sekali membuat video tentang self motivation dan merekomendasi buku-buku  yang cocok untuk self motivation itu sendiri. Merasa bahwa buku ini menarik, saya langsung cek info dan review di aplikasi jaringan sosial katalogisasi buku yang paling terkenal yaitu GoodReads.  Buku The power of Habit ini memperoleh rangking yang lumayan bagus yaitu 4.02 dan reviw yang positif dari pengguna GoodRead yang tidak diragukan lagi adalah kutu buku handal. So... akhirnya dengan bulat hari saya membeli buku ini. Buku The Power of Habit ini di jual dengan harga Rp 75.000  (per 7/7/2017) di Toko buku Grame…

Connect With Me